Saturday, May 19, 2012

EXO At Disneyland







































Tuesday, May 1, 2012

Me and Super Show 4



Dua minggu sebelum Maret berakhir…
desas – desus SS4INA terus terlihat semakin meyakinkan. Apalagi pembicaraan antara promotor dan orang kepercayaannya benar – benar tampak sangat percaya diri dan meyakinkan. Namun bayang – bayang akan ketidakpastian terus menghantui. Isu yang sempat merebak kalau tahun ini Super Junior resmi tidak akan mengunjungi Indonesia membuat berita SS4INA terasa seperti bayangan semu.

Satu minggu sebelum Maret berakhir…
ELFs INA semakin yakin dalam seiringnya waktu karena kepercayaan diri promotor dan keyakinan yang promotor tanamkan kalau mereka pasti bisa membawa Super Junior ke Indonesia dalam Super Show 4 World Tour. Namun kembali dilanda keraguan karena ternyata pihak promotor masih dalam tahap negosiasi.

Beberapa hari sebelum Maret berakhir…
Serangkaian teka – teki semakin menjadi – jadi dan orang – orang mulai menari kepastian dalam keraguannya dan terus berharap dengan cemas. Bahkan prediksi harga tiket mulai berdatangan dari berbagai sumber namun promotor tetap bungkan dan meminta kami menunggu.

Awal bulan April…
Conferesi pers digelar dan akhirnya hari yang ditunggu – tunggu datang juga. Tanggal, hari, tempat dan harga tiket telah di umumkan dikalangan publik. Semua menyambutnya dengan antusias sekaligus cemas. Konser yang akan diadakan dua hari terasa belum cukup dan tidak sepadan dengan jumlah ELFs INA yang lebih dari 5.000.000 itu. Namun ketidak hadiran Zhoumi dan Henry yang harus digantikan oleh EXO M lagi –lagi menuai banyak hujatan dan aksi protes dari para ELFs antifans EXO. Namun banyak juga yang merasa beruntung dan senang. Seperti jackpot buy 1 get 1.

6 April 2012, 21.00 WIB
Aku semakin cemas dan terus berdoa apakah aku bisa mendapatkan satu dari tiket konser tersebut. Namun disisi lain aku tersenyum karena sebentar lagi aku akan berjuang bersama teman – teman ku yang lain… Any… Kak Ayu… Kak Inda… Dwi… Opi…

 6 April 2012, 22.40 WIB
Kami terpukau begitu melihat Twin Plaza Hotel sudah dipenuhi ELFs yang membentuk barisan panjang. Awalnya aku dan yang lainnya tenang – tenang saja karena kami akan menonton di Day 2 yang jatuh  pada hari minggu dan antrian akan dibuka pukul 08.00 WIB esok pagi.

6 April 2012, 23.30 WIB
Kerumunan dan antrian yang rapi berubah jadi berantakan dan kepanikan karena hujan diluar sana mulai deras. Semua langsung berlarian kedepan untuk mencari tempat teduh agar tidak kebasahan dan kedinginan. Karena ini benar – benar tengah malam.

7 April 2012, 01.00 WIB
Antrian semakin padat dan desakkan terus terjadi, banyak ELFs yeoja yang pingsan dan security sama sekali tidak membukakan pintu untuk ELFs diluar sampai keadaan didalam loby hotel kosong dan ini berlangsung cukup lama. Kericuhan diprofokatori oleh para namja yang semula kami anggap fanboy dan ternyata merupakan orang – orang suruhan calo yang mendapatkan upah Rp. 50.000 per satu tiket.

7 April 2012, 02.15 WIB
Desakkan terus terjadi dan suasana semakin kacau, mungkin saja aku bisa mati saat itu  karena saat itu saluran pernafasan ku benar – benar sempat terhenti ketika ada tekanan dari depan dan belakang. Aku membutuhkan udara dan air, keringat dingin mulai membasahi semuanya. Aku menyingkirkan orang disekeliling ku dengan sisa – sisa tenaga yang ku punya namun Kak Ayu langsung berteriak dan mendorong ku, detik itu ia mengira aku akan pingsan.

7 April 2012, 03.25 WIB
Aku sudah sampai diruangan  kedua. Aku terpisah dari teman – teman ku yang lain. Aku berusaha mengontact mereka dan sesekali mematikan ponsel ku karena bateray sudah tidak mendukung. Dan ternyata aku satu ruangan dengan Any.

7 April 2012, 05.10 WIB
Akhirnya aku masuk dalam ruangan terakhir sebelum mendapatkan nomor antrian. Namun yang membuat ku terkejut adalah ketika Any menunjuk layar didepan sana dan pengumuman mengejutkan terpampang jelas disana.
“Junior Sky, Super Sky dan Super VIP SOLD OUT”
Sedangkan ada titipan 3 tiket Super Sky pada ku. Aku terus berdia semoga Junior VIP masih ada dan semakin panik ketika aku melihat kondisi ku. Aku ada diantrian belakang dan didepan ku masih banyak orang.

7 April 2012, 05.35 WIB
Aku mendapatkan nomor antrian ku… F308  dan Any juga mendapatkannya. Kami ada 6 orang namun pada akhirnya hanya menggunakan ID 4 orang yaitu ID ku, Any, Dwi dan Opi.

7 April 2012, 06.15 WIB
Aku dan teman – teman ku memutuskan untuk pulang kecuali Dina, ia baru datang pagi itu untuk menggantikan kami ber6 dan melihat kondisi Twin Plaza Hotel sendiri. Aku sangat terkejut ketika mendapati antrian didepan hotel dengan jumlah yang lebih banyak dan padat daripada semalam. Banyak dari mereka mengangis dan memaki – maki panitia pengadaan acara.

7 April 2012, 11.00 WIB
Aku dan teman – teman ku kembali ke hotel untuk melakukan pembayaran terhadap tiket yang sudah kami booking. Keadaan terus berlangsung tertib didalam loby hotel. Banyak yang makan dan minum bahkan tiduran dilantai loby hotel.

7 April 2012, 20.30 WIB
Kami mendapatkan banyak teman baru. Terutama 3 ELFs yang ceria dan baik hati mereka bisa dibilang sie konsumsi mengingat mereka selalu memiliki banyak perbekalan. Kami menunggu pembayaran benar – benar dari pagi bahkan kami sempat tidur siang dilantai loby hotel. Sudah tidak peduli bekas sepatu dan sandal siapa. Yang jelas kami kelelahan dan mengantuk.

7 April 2012, 21.20 WIB
Setelah pembayaran dan pengaturan tiket dilakukan oleh Oom Sherwin sendiri dan aku melihat wajahnya yang kelelahan dan tampak sedikit frustasi itu aku jadi mengerti kalau Oom Sherwin, Mba Erie dan staff sama lelahnya dengan kami, ELFs. Kami sama – sama tidak tidur semalaman. Apalagi ternyata pembukaan lebih awal itu karena paksaan dari kepolisian setempat yang melihat antrian ELFs ternyata sudah etrjadi dari pukul 09.00 WIB pada hari jum’at. Namun banyak ELFs yang meneriakkan kata – kata “pembohong” kepada pihak promotor. Di jam ini, kami semua diminta keluar dari hotel dan pulang karena memang kegiatan tersebut telah selesai. Voucher tiket sudah ada ditangan kami.

Hari – hari berikutnya…
Berita terus tersiar dimana – mana. Berita dengan judul – judul dan pokok masalah yang sama. “Super Junior menggemparkan Indonesia”, “Ratusan ELFs kecewa dengan promotor”, “Belasan remaja pingsan saat mengantri tiket Super Junior”. “Banyak remaja putri menangis karena tidak kebagian tiket konser Super Show” dst…
Calo – calo mulai menjajakan harga tiket mereka yang tidak lazim bahkan ada yang mengambil keuntungan sampai Rp. 2.000.000 belum lagi hujatan terhadap Oom Sherwin soal salah satu staff Showmaxx memberikan tiket dalam jumlah banyak kepada calo dll…
Kekecewaan ini berlangsung lama dan hujatan serta cacian terus membanjiri timeline twitter. Namun banyak juga yang mendukung dan merasa berterimakasih. Lagi – lagi pihak promotor membuat kalimat ajaib yang lain “Jangan beli di calo karena kami punya… Miracle…”. Desas – desus penambahan hari terus berlangsung dan project pemblokiran penampilan EXO M terus memanas. Soal orang – orang yang merasa dirinya “pure ELF” mulai menyebarkan berita tidak enak mengenai ELFs asing yang menolak kedatangan EXO M di SS4INA dianggap tidak menghargai Zhoumi dan Henry. Juga soal ancaman ELFs asing soal banner EXO yang akan dipajang besar – besaran di arena konser yang ternyata aslinya hanya banner kecil dibandara. Aksi black ocean terus memanas hingga akhirnya promotor angkat bicara “Kalau kalian mau artis SMEnt ke INA lebih baik dipikir dulu deh. Jangan kecewakan mereka dengan black ocean”. Lalu beberapa hari sebelum tanggal 21 kembali diumumkan bahwa SS4INA akan dilangsungkan selama 3 hari berturut – turut yaitu 27, 28 dan 29 April 2012.

21 April 2012…
Antrian pembelian tiket SS4INA di PRJ dan lagi –lagi ada hujan yang mengguyur kota jakarta. “Rain maker” itulah julukan Super Junior yang lain.

25 April 2012…
Seluruh ELFs semakin galau karena dikabarkan hari ini Super Junior dan EXO M beserta manager akan datang dan tiba di Jakarta pukul 15.40 WIB. Namun tidak ada tanda – tanda kedatangan mereka.

26 April 2012…
ELFs sudah berkumpul dibandara Soekarno – Hatta. Mereka berkerumunan didepan terminal kedatangan dari luar negeri dilantai bawah. Namun ternyata idol korea tersebut keluar lewat terminal TKI dilantai atas. Banyak ELFs yang menangis dan meraung – raung. Kebanyakan dari mereka adalah ELFs yang tidak bisa  nonton konser mereka. Bahkan ada ELFs dari Padang dan luar kota lainnya yang menginap disana untuk menyambut Super Junior. Suasana bandara sangat ramai dan cukup ricuh sehingga memunculkan decak kekesalan dari pengunjung bandara yang lain.

Desas – desus tempat mereka menginap kian meruak ketika Oom Sherwin memberikan inisial RC yang diartikan sebagai Ritz Carltron, Sudirman. Bahkan ada ELFs dari luar negeri yang menginap dihotel itu untuk melihat Kris (leader EXO M) dan kenyataannya adalah… mereka semua menginap di Hotel Mulia, Senayan. Penjagaan hotel itu meningkat dua kali lipat dimana mata – mata polisi akan mengikuti setiap langkah kalian dan menanyakan kalian soal ini itu.

Di hari yang sama…
ELFs sekali lagi dibuat salut oleh Super Junior karena mereka langsung latihan di MEIS baru beristirahat di hotel sekitar jam 20.35 WIB.

27 April 2012…
Super Show day 1 berlangsung dan berjalan dengan lancar namun masih ada sekitar 400 kursi kosong dan bagian Super Block juga lumayan kosong sehingga ada beberapa penonton Junior VIP dipindahkan ke Super Block dan Super Festival.

28 April 2012…
Super Show day 2 berlangsung dan lebih penuh dari yang kemarin. Shappire blue ocean lebih terlihat indah dan tampak luar biasa. Pujian terhadap Super Junior dan penampilan EXO M terus berlangsung. Dan lagi – lagi berjalan dengan lancar. Namun ada kekecewaan yaitu semua pedagang marchandise non – official harus di usir oleh SATPOLPP Jakarta Utara.

29 April 2012…
Pagi ini antrian sudah ramai dan berlangsung dengan tertib. Suasana di sekitar MEIS masuh cerah namun di sisi Timur Ancol hujan deras sudah mengguyur Jakarta. Dua jam menjelasng show, langit semakin mendung. Banyak ELFs tercengang ketika melihat ke atas dan mendapati awan yang menumpuk dan membentuk bolongan yang menyerupai “love”.
Hujan deras tiba – tiba saja turun dan semua staff showmaxx langsung meminta agar ELF masuk kedalam MEIS tanpa berlari dan berdorong – dorongan agar tidak ada yang terjatuh. Semua ELFs berhasil di efakuasi dari hujan. Didalam kami kembali antri untuk mengikuti petunjuk staff agar bisa dapat tempat kami masing – masing.

Next…
Short Story Super Show 4 Indonesia Day 3, 29 April 2012 (cerita dari sisi saya)…

Berikut lagu – lagu yang ditampilkan (gak urutan ya soalnya saya lupa Hheee… tapi nanti dishare beberapa hal saya inget) :

  1. Superman
  2. Walkin’
  3. Opera
  4. Rokkugo
  5. Bonamana remix
  6. A Man in Love
  7. Our Love
  8. You're My Endless Love
  9. Wonder Boy
  10. Don't Don
  11. Mr. Simple
  12. A-Cha
  13. Feels Good
  14. Good Friend
  15. Pajama Party
  16. Sorry-Sorry
  17. Do Re Mi
  18. Destiny
  19. Dancing Out
  20. Miracle
  21. Storm
  22. You And I
  23. EunHae – Oppa Oppa
  24. Kyuhyun Solo - Isn't She Lovely
  25. Leeteuk Solo - She
  26. Yesung Solo
  27. Sungmin Solo - One in a Million
  28. Ryeowook Solo - Moves Like Jagger
  29. Eunhyuk Solo - Say My Name
  30. Shindong Solo - Cinta Jangan Kau Pergi
EXO-M : History and MAMA

Ini ngacak ya? Saya lupaan soalnya (-,-)v

Semua ELFs sudah ada didalam venue konser beberapa dari ELFs mulai menyalakan lightstick, fanlight dan sebagainya. Banner mulai dipasang (dan yang terbesar adalah banner project page saya (-,-)). Namun semua staff keamanan Showmaxx langsung menarik dengan paksa banner – banner tersebut. Saat ini sudah 10 menit lewat dari jam yang seharusnya namun belum ada tanda – tanda show dimulai.
Tiba – tiba teriakan histeris muncul dari lantai dasar. Semua memanggil nama “EXO M! EXO M! EXO M!” dan semua ELFs meminta EXO M kelaur untuk menunjukkan diri mereka. Suasana kembali tenang namun kembali ricuh setelah ada orang yang muncul dibalik kotak dan lagi – lagi semua berteriak EXO M.
Lampu mulai redup dan lama – lama berubah menjadi gelap. ELFs mulai berteriak histeris. Dan meneriakkan nama bias masing – masing hingga akhirnya menjadi kesatuan dan meneriakkan nama Super Junior. Layar VCR menyala dan menampilkan video mereka yang begitu luar biasa. Teriakan mulai bermunculan lagi dan lagi.
Suasana kembali gelap dan dentuman musik mulai terdengar keras layar besar yang ditengah mulai berubah merah dan menunjukkan siluet – sileut kokoh. Ke 9 member Super Junior sudah berada diatas panggung dengan lagu Superman. Semua ELFs semakin histeris dan shappire blue ocean mulai terlihat dimana – mana. Semuanya semakin histeris ketika member mulai berpencar dan aku tercengang ketika Shindong naik dengan crane. Dan ia tampak sangat cool, menurut ku.

Walkin’ pas lagu ini nampilin efek – efek gerak pada VCR. Kayak misalnya gambar jalan raya, pantai dll… Di perform ini juga ada adegan terbang – terbangan kayak maen sepeda terus pesawat – pesawatan sama Leeteuk yang salto diudara dengan riang gembira Hhaaa… terus mereka muncul sendiri – sendiri dari samping dan jalan. Jadi lantainya itu lantai berjalan gitu Hhee… ya pokoknya terhibur banget sama lagu ini dan perform mereka di lagu ini. Udah gitu mereka pake baju – baju casual santai gitu. Kyuhyun sama Yesungnya maniiss banget.. Tapi tetep dah ah! Ryeowook yang pake kaos pink dan Donghae yang tampan wkwkwkwk #faktorbias

Opera suasana panggung langsung berubah drastis jadi ada kesan magic opera gitu. Mereka bawain lagu ini dipanggung utama yang ada ditengah itu dan lantainya terangkat keatas lengkap dengan efek – efek VCR dan airnya. Disini sumpah dah ya! Keren! Terus aku juga lupa Donghae naik crane di lagu apa (-,-) pokoknya lagu – lagu awal gitu dan… TAMPAN DAN MANIS SEKALI!!

Rokkugo di lagu ini menyuguhkan keceriaan dan Kyuhyun sumpah kenapa jadi pecicilan ya? (-,-) Dia bolak balik semaunya (yaiyalah!) maksudnya gayanya tuh beda banget dari Sushow – Sushow yang laen. Biasanya dia agak jaim tapi di INA dia berubah jadi anak kecil yang atraktif dan malu – maluin #ditelensparKYU

Bonamana Remix nahhh disini awalnya pada lumayan gak engeh soalnya klo gak salah agak nyaru sama lagu sebelumnya tapi pas Super Juniornya muncul dan berkoar lagi – lagi ELFs histeris bukan main.

A Man In Love yang perform Cuma 8 member dan ada ELFs yang bertanya – tanya. Padahal semua juga tahu klo dilagu ini Kyuhyun Cuma muncul – muncul dari bawah disisi depan. Dan kenyataannya gitu. Kemunculan Kyu dipanggung paling depan dan sexy dance partnya itu bikin ELFs kembali histeris.

Good Friend setelah ditampilin CVR yang lucu sumpah dah! Wkwkwkwkk mau diceritain gak VCRnya? Hayooo~ Hayooo~ nanti deh ya pas belakangan. Tapi pastinya udah pada tahu kan ya? (-,-)a Nahhhh~ Kyuhyun itu makan apel satu gigitan terus dilempar kearah ELFs. Pas dia lempar ke bagian mana gitu naahh mentok kekepala salah satu ELFs akhirnya dia gak maen lempar – lemparan lagi. Jadi tiap abis gigit apel dia kayak benerin belahan tengah rambutnya sambil megang dahi. Disini Teuki sempet pake hijab selendang warna kuning. Donghae manjat pagar pembatas yang dipinggir panggung dan nangkring disana, lokasinya  persis didepan Junior VIP M. jadi yang kelas difestival bawah sana beruntung banget tuh liat Donghae –nya admin (-,-). Yang laennya  mencar – menacar nahhh~ Eunhyuk naik crane yang ada didepan tempat admin (sebelumnya dinaiki Shindong dan Donghae).

Our Love ini lagu yang bisa dibilang fanchat’nya sukses banget! Disini oppadeul matanya mulai berkaca – kaca dan ELF terus setia melakukan fanchatnya. Lagu ini  pas jam – jam terakhir sekitar jam 4 sorean kayaknya.

A-CHA, Mr Simple, Feels Good, Don’t Don adalah lagu yang bikin ELFs histeris setengah mati karena seperti yang kita tahu lagu – lagu ini ditampilkan dipanggung utama yang didepan VCR sama panggung yang ditengah dan panggung yang bergerak itu.

Untuk lagu – lagu yang  laen tentu saja mendapat perhatian dari ELFs. Dan beberapa mencoba melakukan fanchat meski gak sekompak Our Love.

Sorry Sorry adalah salah satu lagu yang dinyanyiin dibagian terakhir setengah jam sebelum acara berakhir dan sempat kayak selesai gitu gak taunya masih ada lagu lanjutan. Seperti biasa, lagu Sorry Sorry adalah lagu pamungkas yang bikin ELFs tersepona kkkkk~

Storm dilagu ini ada efek salju – salju yang dibuat dari kertas gitu dan  turun di penonton yang ada di Super Box depan. Lagu ini sangat menyentuh membuat beberapa ELFs dan oppadeul berkaca – kaca.

MAMA adalah lagu EXO. Jadi lagu EXO dijadikan pembuka sebelum solo perform. Ini salah satu lagu yang ada di awal klo gak salah lagu ke 5 setelah 4 lagu Super Junior. Awalnya semua gelap dan agak hening terus pas musik masuk ELFs langsung teriak “Super Junior” tapi pas yang tampil di VCR itu lambang EXO, ELFs sempet bengong dan fanlight yang tadinya digerakin sempet berenti terus pas mulai lirik “Carelles Carelles shoot anonymous anonymous” ELFs langsung histeris manggil nama EXO. Karena lagunya susah jadi ELFs Cuma ngikutin part bahasa Inggrisnya doak dan gak ada black ocean.

Say My Name ini adalah lagu setelah MAMA dan tak lain merupakan Eunhyuk solo. Disini dia bener – bener ganteng se ganteng – gantengnya #plak!. Awalnya tuh tiba – tiba ada jewel raksasa muncul diatas panggung dan Eunhyuk keluar. Tanpa diperintah, ketika Eunhyuk nyanyiin lirik “Say My Name” ELFs langsung teriak “Lee Hyukjae” akhirnya Eunhyuk terus – terusan nyuruh ELFs manggil namanya. Disini ELFs bener – bener manggil – manggil “Lee Hyukjae” terus. Dan Eunhyuk matanya mulai merah dan berkaca – kaca sampe sempet diam sebentar sebelum akhirnya senyum lagi.

Isn’t She Lovely adalah Kyuhyun solo. Disini dia main piano dan nyanyiin lagu mellow tapi tiba – tiba di VCR ada gambar Kyuhyun yang pasang tampang jutek sambil bilang gini kurang lebih begini :
Kyuhyun VCR : Ya! Kenapa kau selalu menyanyi lagu ballad?
Kyuhyun : Ya karena aku kan…
Kyuhyun VCR : Apa kamu tidak punya lagu lain?
Kyuhyun : Ok! Ok! Aku akan menyanyikan lagu lain
Kyuhyun VCR : Aku selalu sakit kepala karena kamu terus – terusan menyanyikan lagu ballad dan aku bosan!
Kyuhyun : *pasang muka bete* baiklaahhh~
Terus Kyuhyun senyum kearah penonton dan nyanyi lagi Isn’t She Lovely. Dan mainin harmonika juga.

She adalah part Leeteuk solo. Klo Kyuhyun main piano atau semacam keyboard dipanggung tengah, sedangkan Leeteuk di panggung depan VCR. Dia menunjukkan senyumannya sambil sesekali menjulurkan lidahnya dan membuatnya semakin manis.

Yesung solo aku lupa dia nyanyi lagu apa, katanya sih semacam lagu ost drama gitu. Lagunya agak mellow. Disini dia juga berkaca – kaca dan senyumnya itu kayak nahan nangis karena terharu.

Move Like Jagger ini adalah Ryeowook solo dan sumpah dah ya klo aku gak liat aslinya aku udah ngamuk – ngamuk nelen meja ama bangku. (-,-) Sexy hot dance sama ahjumma. Tapi klo kita liat performnya kita pasti ikutan ketawa. Soalnya pas adegan yang ahjummanya diatas Ryeowook, Ryeowook itu nahan ketawa. Terus pas pelukan gitu noonanya ketawa juga mereka ketawa kayak malu + risih gitu.

History yang dibawakan oleh EXO M lagi – lagi menuai antusias. ELFs langsung berdiri dan melakukan fanchat pas part “Wooo~ Woo~” sama part – part bahasa Inggris. Dan penampilan EXO M lebih tenang daripada pas perform MAMA. Itu ketahuan banget kalau mereka tegang dan khawatir. Makanya perform History jauh lebih meriah daripada perform MAMA.

One In a Million ini adalah lagu solo yang dinyanyiin sama Sungmin. Lagunya sweet melow gitu dan ELFs menikmatinya dengan senyuman. Perform ini tepat setelah lagu History.


Cinta Jangan Kau Pergi ini aslinya lagu si Vidi Cuma di lipsync sama Shindong. Jadi Shindong itu dance solo performance. Dan karena lagunya bahasa Indonesia juga tenar, ELFs bantu dengan cara nyanyi bersama hampir disepanjang lagu ini.

Hal – hal lain :
  1. Sungmin nangis disalah satu lagu dan langsung dipeluk sama Siwon.
  2. Ryeowook duduk dipinggir panggung dan menghadap ke festival (dibawahnya Junior VIP M) terus Eunhyuk nyamperin dan duduk disampingnya.
  3. Donghae, Ryeowook, Shindong sempet ngambil polaroid penonton untuk berselca.
  4. Ada fans di Super Box yang ngasih hadiah ke Donghae pas Donghae lagi duduk didepan dia lewat staff yang berjaga dipinggiran. Donghae Cuma ngelirik itu kado terus liat yang ngasih dan dia ngasih isyarat klo dia mau ngasih tanda tangan, sayangnya ELF itu gak bawa alat tulis.
  5. Di Super Box D masih banyak yang nanya “EXO M itu siapa sih?”
  6. Di Super Box D cuma ada sekitar 1 – 4 orang yang histeris pas EXO perform.
  7. Teriakan EXO kebanyakan berasal dari kelas Festival dan Junior VIP.
  8. Leeteuk nyebarin bunga di festival yang ada dibawah Junior VIP M dan bunga terakhir dia kasih ke seorang cewek berjilbab klo gak salah, yang ada di Super Festival depan.
  9. Ayu Ting Ting duduk di Junior VIP J.
  10. View dari Junior VIP L bener – bener jauh.
  11. Eunhyuk sempet mau jatoh pas dia naik crane pake kostum ayam putih.
  12. Kyuhyun terus – terusan bertingkah kayak anak kecil didepan Junior VIP M sambil melambai – lambai.
  13. Katanya Kyuhyun sempet senyum dan ngeliatin yeoja yang duduk didepan serong kirinya admin, emang sih yeojanya cantik. Tapi dibelakang yeoja itu ada temen admin yang lagi ngerekam sambil susah payah nyembuyiin kamera. Jadi entah Kyu liatin yeoja atau liat ke kamera.
  14. Semua member Super Junior menangis di SS4INA.
  15. Eunhyuk sering duduk di pinggir panggung yang menghadap kearah Super Festival didepan.
  16. Siwon stay satu lagu didepan kelas Super Festival yang ada dibawah Junior VIP M.
  17. Ada kamera tv yang ngerekam acara ini dari awal sampe akhir, yang ternyata berasal dari SCTV dan mereka stay ditangga.
  18. Ada ELFs yang punya gelang tiket tribune tapi karena kebawa dorong – dorongan akhirnya ia masuk kekelas Super Box.
  19. Ada ELFs yang kelas Junior VIP L tapi dia salah duduk dan akhirnya ia stay di Super VIP.
  20. Saat perkenalan diri, member Super Junior pake bahasa Indonesia.
  21. Leeteuk minta supaya ELFs INA menunggu kedatangan Super Junior berikutnya dan ELFs manjawabnya dengan penuh semangat.
  22. Shindong bilang dia suka 2 kata bahasa Indonesia yaitu “Hatur Nuhun” dan “Sayang~”. Dia juga sempet nyanyi satu baris “Cinta jangan kau pergi~” dan ELFs langsung bersorak senang.
  23. Pas lagu – lagu terakhir semua member Super Junior bersama – sama muterin panggung sambil lambai – lambai.
  24. Setelah melihat live SS4 saya merasa kalau Kyuhyun itu bener – bener magnae wkwkwkwkwkwk #ditendangsparKYU. Abis senyumnya itu lhooo~ sama gaya hypernya itu lho~Kayak anak kecil banget.
  25. Wajah Donghae kecil dannnn sangaaat manis + mulus juga putih wkwkwkwkwk
  26. Sungmin itu ya ampuunnn imut putih banget dah ah!
  27. Siwon bener – bener muka orang kaya (-,-)
  28. EXO M itu aslinya manisss banget dan Lay sumpah putih sekali dia itu!!

Pas part watersplash (part akhir) :
Leeteuk minta Siwon untuk milih tiga orang beruntung yang akan tampil dipanggung cuma ELFs sempet ngira klo ada ELFs yang bakalan ditarik keatas dan serentak semua teriak “Andwaeee oppaaa~” ternyata maksudnya bukan begitu. Jadi Siwon milih 3 member Super Junior yang bakal dibasahin.
Orang pertama yang dipilih adalah Eunhyuk, dia langsung buka jasnya dengan senang hati dan melepas semua kancing kemejanya.
Orang kedua adalah Donghae yang langsung lepas jasnya terus masukin bajunya kedalam celana.
Orang ketiga adalah Kyuhyun. Mendengar namanya disebut, Kyuhyun langsung menghela nafas dan tersenyum pasrah. Padahal sebelumnya dia udah nunduk dan mundur supaya gak kepilih.
Tiga – tiganya berjejer dan langsung kena siraman dari air yang muncul dari panggung itu. Pas selesai tiba – tiba ELFs teriak serentak “Kim Jong Woon” berkali – kali. Mendengar namanya disebut, Yesung langsung mundur tapi ditahan sama salah satu member dan Siwon meminta Yesung untuk maju. Pas didorong kedepan, Yesung malah pura – pura sakit sambil megangin dadanya. ELFs tetep teriakin namanya. Yesung udah melambaikan tangannya sebagai tanda dia gak mau dan wajahnya udah khawatir banget tapi ujung – ujungnya dia maju juga dan Leeteuk sepakat semua member harus kena siraman aer. Mereka lepas jas dan sepatu juga kaos kaki (ada juga yang gak lepas sepatu).
Pas udah kena air, Siwon sempet kepleset karena dia jalan pake tangan soalnya kakinya dipegangin sama Shindong klo gak salah. Hheee… Lupa saya.
Abis tragedi basah – basahan ini mereka semua kepanggung yang ada didepan VCR. Semua dancer naik keatas panggung sedangkan EXO M naek keatas panggung dengan ragu akhirnya Leeteuk sama Siwon narik mereka dan nyuruh mereka maju untuk memperkenalkan diri. Disini Kris gugup banget dia bicara dalam bahasa Inggris dan belibet banget.
“Selamat malam (bahasa Indonesia). Terimakasih kepada ELFs Indonesia atas sambutan hangatnya dan Terimakasih kepada Super Junior sunbaenim yang sudah memberikan kesempatan kita untuk jadi bintang tamu. Kami harap kalau kami bisa menjadi bintang tamu dalam Super Show berikutnya”. Disitu member EXO M sempet berkaca – kaca.

Dan fakta yang paling menarik lainnya adalah…

  1. SS4INA satu – satunya Super Show yang tiketnya berbentuk gelang warna – warni sesuai abjad block. Terbuat bukan dari kertas yang mudah sobek, soalnya pas ditarik malah melar dan rekatnya sangat kencang.
  2. Sungmin yang tidak biasa menunjukkan tangisannya didepan umum selama tiga hari ini malah menangis didepan umum dan harus dipeluk Siwon dan ELFs merasa terkejut akan hal ini.
  3. Kyuhyun yang biasanya tampak cool dan jaim dalam setiap perfom malah melakukan banyak gerakan aneh lucu dan sedikit gila yang membuat ELFs sempat terheran – heran.
  4. Indonesia adalah negara yang dalam kunjungan pertama langsung mendapatkan show 3 hari.
  5. Indonesia adalah negara pertama yang dikunjungi oleh EXO selain negara promosinya (Korean – Chinna).
  6. EXO M sempat berkaca – kaca atas sambutan hangat dari ELFs INA.
  7. Adanya hand banner Lee Sooman.
  8. SS4INA medapatkan lagu khusus “Indonesia Jakarta” dari Yesung dengan  nada It Has To Be You. (Menurut chingu ku yang nonton di Singapore, Yesung tidak melakukannya dan tampaknya memang hanya Indonesia saja).
  9. Leeteuk sempat terkejut karena fans Yesung sangat banyak karena biasanya fans Eunhyuk, Siwon, Donghae dan Kyuhyun –lah yang paling banyak.

Hhaaa…
Udah yaaa~ udah panjang banget nih!
Udah 11 page ms. Word Hheee…
Sampai jumpa di Super Show 5 dan konser – konser berikutnya.

TAKE OUT WITH FULL CREDIT


Jakarta, 1 Mei 2012


Ichen Aoi


Tapi saya galau karena saya dipastikan akan melewatkan konser L’Arc~En~Ciel, Boyfriend/Sistar, MBLAQ, Junsu JYJ dan Jay Park (T____T) yang paling galau itu L’Arc~En~Ciel, Boyfriend/Sistar sama Junsu.
strong

 
Template Design By:
SkinCorner