Februari 1991 berdirilah sebuah band bernama “L`Arc-En-Ciel” (Diambil dari bahasa Perancis yg artinya pelangi). Pendirinya tak lain adalah 2 anak Osaka yaitu: Tetsu si tukang bass sama mantan gitaris Hiro. Tetsu ngambil nama itu karena waktu itu dia nonton film Perancis dan menemukan kata-kata itu. Penasaran sama artinya dia nyari-nyari kesana-sini.

Setelah tau artinya, dia ngasih tau ke temen-temen satu bandnya yaitu Hyde (Vokal), Hiro (Gitar), dan Pero (Drum). Semuanya setuju! Jadi sampai sekarang namanya tetap “L`Arc-En-Ciel”.

Hyde sang vokalis adalah mantan gitaris di band “Kiddies Bomb” sama mantan vokalis+gitaris di “Jerusalem`s Rod”. Dan ditemui sama Tetsu dan Hiro di sebuah café ketika Hyde lagi manggung. Kelar, acara mereka berdua masuk ke backstage dan nemuin Hyde. Hyde diajak gabung sama “L`Arc-En-Ciel” setelah Tetsu muter rekaman demo yg bakal dikirim ke studio. Akhirnya Hyde mau juga setelah Tetsu meyakinkan bahwa ini band bakal jalan terus. Mei 1991 mereka manggung secara LIVE untuk pertama kali dan langsung melejit di dunia musik indie Jepang! Tapi, sebelum mereka mau rekaman album mereka yg pertama “Dune”, Hiro mengundurkan diri dari band pada 12 Juni 1992. Bingung nyari gitaris pengganti Tetsu langsung nelpon temen masa kecilnya yaitu Ken Kitamura yg lagi kuliah. Lagi-lagi Tetsu meyakinkan Ken bahwa nih bakal jalan terus dan sukses. Karena dah yakin Ken gabung juga. Awalnya sih ngeband sambil kuliah. Cuma karena kesibukan rekaman lebih padat dari kuliah maka dia akhirnya DO kuliah dan dimusuhin ortunya!

L`Arc merilis single pertama mereka pada 25 November 1992 dengan judul “Flood of Tears”. Katanya sekarang nih barang sangat LANGKA di Jepang! Karena ketika dirilis Cuma 1000 keping alias LIMITED EDITION. Kalau pun ada yg jual katanya harganya sampai 60.000 ¥! (kira-kira Rp. 6.000.000)

Setelah mereka tampil LIVE di Osaka Music Hall pada 30 Desember 1992, Pero malah ikutan cabut dari band. Katanya sih pengen ngikutin Hiro gitu (Best Friend kali?). Drummer baru Sakura masuk menggantikan Pero ketika Tetsu melihat ia tampil di berbagai show. Akhirnya Sakura gabung juga pada 16 Januari 1993.

Pada 1 April 1993 mereka melepas album debut mereka “Dune” dibawah label indie Danger Crue. Album ini sukses dan langsung melejit jadi nomor 1 di Oricon indies chart! Dan langung membuat beberapa label major tertarik buat ngajak mereka kontrak.

Pada 14 Juli 1994 mereka melepas album kedua mereka yaitu “Tierra” (diambil dari bahasa Spanyol yang artinya Bumi) dibawah label major Sony Ki/oon Record.

Di Album ada lagu yang katanya adalah lagu terbaik sepanjang masa dari mereka yaitu “Blurry Eyes”! SUGEEE!

“Heavenly” album ketiga mereka dilepas pada 1 September 1995 dan True album keempat mereka (Platinum seller mereka yg pertama) pada 12 Desember 1996. Oh ya pada konser “Kiss me Heavenly di tahun 1995, mereka membentuk band alter-ego dengan nama “D`Ark-En-Ciel dengan personil DARK TETSU (Vokal), HYDE Dark (gitar), Suck-D`Ark-La (Bass) sama Ken D`Ark (drum). Band ini mainin lagu-lagu yang dark kayak Minagoroshi, Dark in My Life, Dark Song, Insanity, Banana Mask, dll.

Tapi sayangnya ketika mereka lagi sukses-suksesnya, Sakura malah ditahan polisi karena ketahuan nyimpen heroin pada tahun 1997. Dia resmi keluar dari band pada 4 Oktober 1997 meninggalkan posisinya sebagai drummer dan membuat single mereka “The Fourth Avenue Cafe” tidak pernah dirilis ke pasaran. Ketika berita Sakura mencuat ke publik, popularitas mereka menurun drastis.CD dan kaset mereka diremove dari toko-toko. Lagu-lagu mereka yg awalnya jadi theme song langsung diganti. Banyak yang bilang bahwa ini band bakal bubar. Tetapi tidak! Setelah mereka vakum beberapa bulan (Selama vakum mereka lagi-lagi ngebentuk band alter-ego dengan nama THE ZOMBIES yang mainin lagu-lagu mereka sendiri cuma dalam aransemen yang konyol), mereka tampil secara LIVE pada konser “Reincarnation `97” di Tokyo Dome. Sugee.. tiket konser mereka yg banyaknya ampe 56.000 buah langsung abiz diserbu dalam waktu 4 menit!!! (rekor dunia lho!!!). Saat itu drummer masih additional yaitu Yukihiro (mantan drummer Zi:Kill dan Die in Cries). Konser ini membuat popularitas mereka kembali terangkat lagi.

Pada 25 Februari 1998 mereka ngelepas album kelima mereka “Heart”. Dalam album ini mereka mencoba untuk melupakan masa lalu tetapi juga berusaha untuk maju terus!

Pada 1997 mereka melepas single mereka yaitu Niji (Pelangi). Disini Yuki masih jadi additional tetapi setelah single ini keluar dia diangkat deh jadi member resmi L`Arc-En-Ciel. Setelah Yuki gabung band jadi makin sukses.

Pada1 Juli 1999 mereka langsung melepas 2 album sekaligus yaitu “Ark sama Ray”. Baru kali ini ada band di Jepang yang langsung melepas 2 album sekaligus. *Sampai sekarang juga belum ada lho* Nih 2 album sangat-sangat sukses! Dengan Ark nomor 1 dan Ray nomor 2 di tangga lagu Oricon Chart! Penjualannya sampai 2.275.000 keping buat Ark dan 2.138.000 keping buat Ray. Sampai sekarang tidak ada band Jepang yang penjualan albumnya sampai 2 juta lebih! Mereka langsung tour keliling Jepang dan sampai melebarkan sayap ke HongKong, Taiwan dan Thailand.

”Real” album ke-8 mereka dilepas pada 1 Agustus 2000. Selain itu Yuki juga membuat album Re-mix lagu-lagunya L`Arc pada album “Ectomorphed Works” yang dilepas pada 28 Juni 2000. Ada juga album kompilasi mereka yaitu “Clicked Singles Best 13” (dilepas pada 14 Maret 2001) yang isinya 12 lagu terbaik mereka yg dipilih berdasarkan voting di Internet oleh para Fansnya dan 1 single mereka dengan judul “Anemone”.Dan lagu pertama di album ini adalah Blurry Eyes! Banyak lagu-lagu mereka yg dibuat menjadi theme song anime seperti Blurry Eyes yg menjadi OP song dari DNAngel 2, Niji dan The 4th Avenue Cafe di Rurouni Kenshin, sama Driver’s High di Great Teacher Onizuka. Mereka juga membuat lagu buat film “Final Fantasy: The Spirits Within” yaitu “Spirit Dreams Inside”. Lagunya berbahasa Inggris semua dan merupakan usaha mereka untuk melebarkan sayap ke Hollywood (USA). Setelah menggapai sukses dimana-mana, mereka akhirnya mutusin untuk merambah jalur solo. Hyde bersolo karir dengan nama HYDE dan mengeluarkan 2 album yaitu “Roentgen” sama “666”. Ken gabung ama SOAP (Sons of All Pussys). Di band ini ada Sakura yg menjadi drummer. Tetsu bersolo karir dengan nama TETSU69. Yukihiro malah jadi vokalis di band Acid Android.

Setelah hampir 2 tahun bersolo karir mereka akhirnya ngumpul lagi pada Maret 2003. Ngerilis serangkaian album the best mereka (The Best of L~arc-En-Ciel 1994-1998,The Best of L`Arc-En-Ciel 1998-2000, sama The Best of L`Arc-En-Ciel c/w) sama manggung di Shibuya selama 7 hari berturut-turut dalam konser “Shibuya Seven Days” pada Desember 2003! Pada Februari 2004 mereka melepas single “Ready Steady Go!” dan pada 31 Maret 2004 mereka melepas album ke-9 mereka “SMILE”. Dengan hit single “Hitomi no Juunin, ”Ready Steady Go!”, sama “Feeling Fine”.

Pada 31 Juli 2004, band ini manggung di USA di acara Otakon 2004 di 1st Mariner Arena dekat dengan The Baltimore Convention Center. Yang dateng sampai 12.000 orang! Oh ya pada konser “SMILE TOUR 2004” keliling Jepang mereka, muncul band alter-ego mereka yg baru yaitu P`UNK-EN-CIEL yg maenin lagu-lagu mereka dalam format punk dengan personil: Tetsu P`Unk (Vokal), Hyde P`Unk (Gitar), Yukihiro P`Unk (Bass), ama Ken P`Unk (Drum). Tidak betah berlama-lama mereka melepas single “Jiyuu no Shoutai” (2 Juni 2004), “New World” (5 April 2005), ”Killing Me”, ”Jojoushi”, diakhiri dengan dilemparnya album ke-10 mereka “AWAKE” pada 22 Juni 2005.

Setelah itu mereka menggelar tour “ASIALIVE 2005”. Mereka tampil di Korea sama China diikuti dengan “AWAKE TOUR 2005” di Jepang. Pada 31 May 2005, Tofu Records, Sony Music Japan`s U.S Label melepas DVD konser mereka di Otakon 2004 . Dan single terbaru mereka “Link” udah keluar sejak 20 Juli 2005. lagu ini juga jadi OP Themenya anime Fullmetal Alchemist. Hyde juga sempat ngebuat lagu buat Mika Nakashima dengan judul “Glamorous Sky” buat film NANA yang diangkat jadi anime. Dia juga klo gag salah udah ngeluarin singlenya dengan judul “Countdown”. Dan berita terbarunya Hyde mengeluarkan albumnya yg ke-3 dengan judul “Faith” (Klo g slh sh...) dan mau punya anak ke-2 dari hasil pernikahannya dengan Megumi Oishii pada tahun 2000!

Kesimpulannya adalah:

“Ini band sukses sepanjang masa! Bukan legendaris lagi! Bener-bener band fantastic! Papa Hyde! Love you, pa ^^”

0 comments:

Post a Comment

Hai.. Selamat datang di Aoi World. Silahkan tinggalkan komentar kalian^^

 
Template Design By:
SkinCorner